Jumat, 18 April 2014
Masuk Sistem?

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUBAII TEKS WAWANCARA MENJADI KARANGAN NARASI MELALUI PEMBELAJARAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KELOMPOK SINDIKAT PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 LANGKAPLANCAR TAHUN AJARAN 2011/2012

oleh : CUCU MULYANI


Abstrak Indonesia :

Mengubah teks wawancara menjadi bentuk karangan narasi menurut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa kelas VII. Dalam hal ini siswa diharapkan mampu menarasikan teks wawancara dengan memperhatikan cara penulisan kalimat. Pelaksanaan pembelajaran menarasikan teks wawancara dalam bentuk karangan narasi dapat dilaksanakan dalam pembelajaran menulis. Penelitian ini berhasil dengan memuaskan. Data hasil penelitian yang mendukung keberhasilan ini adalah sebagai berikut. Perolehan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I ialah 56 dan meningkat pada siklus II dengan perolehan rata-rata 83. Selain itu ketercapaian KKM mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi pun meningkat. Pada siklus I tidak ada siswa (0%) yang mencapai KKM mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi dengan nilai sebesar 70 sedangkan pada siklus II seluruh siswa (100%) mencapai KKM mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi. Artinya penggunaan model kelompok sindikat dapat meningkatkan hasil pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Langkaplancar Tahun Ajaran 2011/2012.


Katakunci : Peningkatan Kemampuan Mengubah Teks Wawancara Menjadi Karangan Narasi, Karangan Narasi dan Teks Wawancara, Pembelajaran Menulis, dan Model Kelompok Si


Copyright © 2012 Universitas Siliwangi | Tentang Situs | Peta Situs | Kredit

You're IPv4 54.234.217.247

UNSIL on