Minggu, 26 Oktober 2014
Masuk Sistem?

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK PESERTA DIDIK

oleh : EKA NUR ARIFIN


Abstrak Indonesia :

ABSTRAK EKA NUR ARIFIN. 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) melalui pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Peserta Didik (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Sariwangi Tahun Ajaran 2012/2013). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Pada umumnya berpikir kreatif matematik peserta didik selama ini kurang baik, selain faktor dari peserta didik itu sendiri pemilihan serta model pembelajaran yang kurang kondusif sehingga mempengaruhi pada kemampuan peserta didik. Dalam upaya meningkatkan kemampuan peserta didik, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) melalui pendekatan kontekstual yang diharapkan peserta didik mampu membangun pengetahuannya sendiri dalam belajar dan mampu mengingat lebih lama materi yang telah dipelajari. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share melalui pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik dan kemandirian belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sariwangi Tahun Ajaran 2012/20013. Sampel diambil secara acak (random) dan terpilih dua kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) melalui pendekatan Kontekstual dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tugas kelompok, tugas individu dan tes kemampuan berpikir kreatif berupa ulangan harian yang dilaksanakan dua kali. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) melalui pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik”. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, dapat diketahui bahwa thitung=5,90 untuk taraf signifikan 1%, tdaftar=2,39 ternyata t =5,90 > tdaftar=2,39, maka H ditolak dan H diterima, artinya terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) melalui pendekatan kontekstual terhadap kemampuan derpikir kreatif matematik peserta didik.


Katakunci : Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) melalui pendekatan Kontekstual, kemandirian belajar peserta didik.


Copyright © 2012 Universitas Siliwangi | Tentang Situs | Peta Situs | Kredit

You're IPv4 54.237.184.242

UNSIL on